Friday, May 8, 2009

LINGKUNGAN HIDUP

LINGKUNGAN HIDUP

Lingkungan hidup adalah suatu kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan dan makhluk hidup, termasuk di dalamnya manusia dan perilakuknya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lainnya. Lingkungan hidup umumnya mempunyai tiga sub-sistem yang saling berinteraksi. Ketiga sub-sistem tersebut antara lain lingkungan sosial (sociosystem), lingkungan buatan (technosystem), dan lingkungan alam (ecosystem). Keseimbangan dari tiga sub-sistem ini akan selaras dengan keseimbangan lingkungan hidup.
Keseimbangan lingkungan hidup dapat terganggu akibat adanya pencemaran lingkungan. Pencemaran lingkungan adalah masuknya atau dimasukkannya makhluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam lingkungan dan atau berubahnya tatanan lingkungan oleh kegiatan manusia atau proses alam, sehingga kualitas lingkungan turun sampai ketingkat tertentu yang menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak dapat berfungsi lagi sesuai peruntukkanya. Perusakan lingkungan merupakan suatu tindakan yang akan menimbulkan perubahan secara langsung ataupun tidak langsung terhadap sifat-sifat fisik dan atau hayati lingkungan. Perubahan tersebut selanjutnya dapat mengakibatkan lingkungan itu kurang atau tidak berfungsi lagi dalam menunjang pembangunan yang berkesinambungan.
Manusia adalah makhluk yang paling wajib bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan dan kesinambungan lingkungan hidup. Antara lingkungan dan manusia saling mempunyai kaitan yang erat. Ada kalanya manusia sangat ditentukan oleh keadaan lingkungan di sekitarnya, sehingga aktivitasnya banyak ditentukan oleh keadaan lingkungan di sekitarnya. Sebaliknya, beberapa aktivitas manusia juga sangat mempengaruhi keberadaan sumberdaya dan lingkungan di sekitarnya. Kerusakan sumberdaya alam banyak ditentukan oleh aktivitas manusia.

No comments: